Apa Itu Seledri dan Ke 5 Manfaat Seledri

0
Posted November 27, 2012 by admin in Berita Kesehatan
Celery-stalk

Seledri (Apium graveolens) adalah salah satu sayuran yang merupakan keluarga dari Umbelliferae, Apiaceae yang artinya memiliki hubungan dengan wortel, dan daun sup. Daun seledri biasanya mudah tumbuh di daerah timur seperti negara kita Indonesia, dan juga mediterania. Daun seledri sudah mulai di konsumsi   sejak nenek moyang kita ribuan tahun yang lalu dan juga di gunakan orang yunani kuno, dan romania sebagai bumbu perasa.

Tidak seperti sayuran lainnya, tidak ada bagian yang terbuang dari daun seledri, semua bagian dari daun ini termasuk batang, daun, dan biji bisa di manfaatkan.   Pada umumnya daun seledri memiliki rasa yang asin, jadi biasa di masukkan dalam sup dan salad. Tergantung pada varietasnya, beberapa daun terkadang bisa sangat asin.

Ada 2 jenis tipe daun seledri : Golden heart (seledri kuning)  dan  Pascal (seledri hijau) . Seledri kuning memiliki rasa yang lebih lembut, dan warna yag cerah dibandingkan dengan seledri hijau. Namun yang paling umum kita temui adalah yang seledri pascal (hijau).

Seledri adalah salah satu sayuran yang populer dan banyak di temukan pada berbagai menu makan di seluruh dunia. Seledri bisa di konsumsi mentah – mentah maupun dimasak.  Di Eropa, seledri biasanya di masak sebagai sayuran atau bisa juga sebagai bumbu rasa pada casseroles, stocks dan sup. Di Amerika, seledri mentah biasanya disajikan sebagai hiasan atau pada salad.

Selain dari rasanya yang nikmat, seledri juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk tetap sehat. Seledri merupakan sumber vitamin C yang membantu sistem imun tubuh kita untuk melawan penyakit luar. Seledri juga mengandung banyak potasium dan asam folid yang mana keduanya sangat penting untuk membantu kerja organ tubuh agar tetap berjalan dengan baik.

Manfaat Kesehatan dari Seledri

1. Mencegah Kanker

Seledri mengandung coumarins yang telah dibuktikan sangat efektif untuk mencegah kanker. Menurut peneliti dari Harvard Medical Scool dan Harvard School of Public Health, seledri mengandung 8 tipe senyawa anti kanker yang luar biasa. Senyawa ini disebut phthalides dan polycateylenes yang membantu detoksifikasi dari zat karsinogen, dan juga sangat efektif untuk melawan kanker, terutama kanker rahim.

2. Menurunkan Kolesterol

Jus seledri telah dibuktikan sangat efektif untuk menurunkan kadar kolestero dan juga LDL ( kolesterol jahat) didalam tubuh kita. Sebuah study pada binatang menunjukkan bahwa senyawa phthalides pada seledri secara signifikan menurunkan kolesterol dengan meningkatkan sekresi asam empedu.

Jika Ibunda / Ayah ingin memiliki momongan atau sulit untuk hamil maka bisa mencoba rekomendasi saya, karena dari survei, banyak yang berhasil hamil dalam waktu 1 - 3 bulan. Bagaimana Caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan Klik Disini

3. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Seledri mengandung pthalides yang membantu merilekskan otot – otot pada pembuluh arteri. Hal ini membuat sel – sel darah bergerak lebih leluasa, yang akhirnya menurunkan tekanan. Potassium yang terkandung pada seledri juga membantu melancarkan tekanan darah.

Berdasarkan penelitian yang menggunakan binatang pada laboratorium, tekanan darah binatang itu menurun hingga 12% – 14% ketika di injeksikan dengan phthalides. Untuk hasil yang terbaik, minumlah jus seledri sampai 1 minggu, kemudian berhenti selama 3 minggu, dan ulangi lagi.

4. Membantu Menyembuhkan Radang

Seledri dipercaya memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan radang. Sebuah study yang melibatkan tikus pada University of illinois menemukan bahwa senyawa yang terdapat pada seledri yang disebut luteolin dapat meringankan radang pada otak, terutama pada bagian hippocampus, yaitu bagian dari otak yang berkaitan dengan memori dan learning.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seledri sangat baik untuk menurunkan berat badan karena rendah akan kalori dan memiliki banyak serat, yang bisa membantu anda tetap kenyang sehingga menurunkan nafsu makan yang berlebihan.

Ketika membeli seledri, lihatlah bagian batangnya dan juga daunnya yang segar. Batang seledri yang lembut didalamnya dan mengkilap diluarnya memiliki rasa yang terbaik.


Apa Pendapat Anda Mengenai Artikel Ini?

Suka artikel hari ini ? jangan ketinggalan besok...
Masukkan Email anda pada box dibawah ini untuk menerima Tips Sehat melalui email.
Anda bisa unsubscribe dengan satu klik.

Info

Dilarang menduplikasi sebagian ataupun keseluruhan konten tanpa menyertakan link sumber.

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)


Anda Mungkin Juga Suka Denganclose