Perkembangan Masa Hamil 10 Minggu

0
Posted October 10, 2012 by admin in Hamil

Pada kehamilan minggu ke 10 ini bayi Anda mulai membentuk tulang – tulang kecil seperti tulang rawan. Pastikan  untuk meningkatkan masukkan berupa serat ke dalam tubuh untuk mengatisipasi konstipasi saat kehamilan.

Jika Anda ingin kembali lagi kesini, cukup hapal alamat ini :

sluhat.com/kalenderhamil

Caranya sangat mudah, tinggal diklik saja sekarang kehamilan Anda sedang dalam minggu ke berapa.

Home  Trimester Pertama Trimester Kedua Trimester Ketiga
Minggu 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40

Rangkuman

Minggu Ke 10

Apa makanan yang Anda idamkan pada minggu ini? Makanan asin? Sedikit manis? Mengidamkan makanan adalah hal yang wajar dan biasa nya cocok dengan tubuh, karena gigi bayi Anda mulai terbentuk pada minggu ini. Seluruh organ vital bayi Anda sudah terbentuk pada minggu ke 10 ini. Apakah Anda merasakannya gerakan kecil didalam perut Anda? Pada minggu ini ada baiknya apabila Anda mengikuti yoga dan tentunya dengan seizin dari dokter.

Nutrisi :
Acar, Es Krim, dan Lainnya : Ngidam

Aktifitas :
Keuntungan Dari Senam Yoga Untuk Kehamilan

Nutrisi

Acar, Es Krim, dan Lainnya : Ngidam

Acar? Mentega Kacang? Makanan cepat saji? Ingin semuanya? Tidak ada yang tahu kenapa ibu hamil selalu mengidam tetapi apa yang setiap wanita idamkan, seunik wanita tersebut.

Mungkin bisa berupa perubahan hormon, kebutuhan untuk kalori, nutrisi, atau bisa juga karena hanya kebutuhan emosional, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Apakah Anda harus selalu mengikuti apa yang Anda idamkan?

Mengontrol Mengidam

Bukanlah hal yang buruk untuk bersenang – senang sedikit dengan mengabaikan apa yang Anda idamkan, tetapi jangan berlebihan.  Tubuh Anda hanya membutuhkan ekstra 100 kalori setiap hari selama trimester pertama dan tambahan ekstra 300 kalori setiap hari setelah itu.

Selama Anda tetap memiliki diet yang sehat sebagai prioritas utama Anda, Anda tidak perlu cemas dengan kelebihan lemak. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu :

Makan MakananYang Seimbang

Untuk menjaga gula darah Anda, makanlah dengan seimbang. Cobalah untuk makan dengan porsi protein, karbohidrat yang tergolong whole grains dan lemak sehat di setiap makan atau snack Anda. Beberapa contohnya seperti :

  • Keju Cottage dengan beberapa potongan buah segar atau kacang almond
  • Kalkun dan alpukat pada roti yang whole grains
  • Oatmeal dengan susu rendah lemak dan beberapa kenari
  • Salad dengan ikan salmon atau ayam dengan minyak zaitun

Makan Secara Teratur

Hal ini juga merupakan hal penting untuk menjaga gula darah Anda dan energi.  Mulailah dengan sarapan yang sehat dan makan dengan porsi yang kecil, tetapi sering atau snack setiap 2 – 3 jam.

Jika Ibunda / Ayah ingin memiliki momongan atau sulit untuk hamil maka bisa mencoba rekomendasi saya, karena dari survei, banyak yang berhasil hamil dalam waktu 1 - 3 bulan. Bagaimana Caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan Klik Disini

Latihan

Secara teratur, latihan yang tidak terlalu berat dapat membantu meningkatkan mood Anda. Selama Anda memiliki izin yang jelas dari dokter Anda, Anda aman untuk latihan. Targetkan sekitar 30 menit setiap hari dan sesering mungkin seminggu.

Alihkan Diri Anda

Coba untuk mengalihkan perhatian ke hal yang lain ketika Anda mulai mengidam. Mungkin dengan berjalan, menelepon teman atau mengisi teka teki silang. Jika ngidam Anda tidak hilang dalam 20 menit, lakukan dan ikuti apa yang Anda idamkan.

Melihat Nutrisi Dari Apa Yang Anda Idamkan

Pertimbangkan beberapa hal ini sebagai alternatif yang sehat untuk beberapa makanan ngidaman yang paling umum :

  • Daripada es krim yang full lemak, cobalah dengan yoghurt yang rendah lemak dan didinginkan sama seperti es krim. Atau makanan yang lembut, yang dibuat dengan susu rendah lemak, buah yang didinginkan dan cranberry atau jus jeruk bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.
  • Daripada 1 gundukan cokelat yang full cokelat, akan lebih baik bila bisa diganti dengan pudding cokelat rendah lemak, cokelat sorbet, atau batangan cokelat hitam yang berukuran kecil.
  • Daripada keripik kentang, cobalah untuk dengan snack yang dibuat dengan whole grains, atau pop corn rendah lemak, atau dengan kue beras cokelat.
  • Namun apabila Anda tidak bisa dan benar – benar menginginkan yang Anda idamkan, boleh, tetapi porsinya sedikit.

Selain itu diskusikan dengan dokter Anda jika Anda tiba – tiba mengidam sesuatu yang  tidak umum seperti tanah, kapur, atau tanah liat. Makan hal itu bisa membahayakan tubuh Anda dan bayi Anda. Kondisi ini sering dinamakan sebagai pica, dan hal itu bisa disebakan karena kekurangan zat besi.

Aktifitas

Keuntungan Dari Senam Yoga Untuk Kehamilan 

Pigeon! Warrior! Triangle! Cat-COw! Ayo kita beryoga,..

Yoga adalah sejenis latihan yang membangun pikiran dan tubuh dengan cara menggabungkan teknis bernafas dan gerakan fisik. Gerakan ini, dinamakan sebagai “Postures”, yang terdiri dari meregangkan dan meditasi.

Hal ini berarti yoga sangat baik untuk meregangkan otot – otot, termasuk otot yang akan Anda gunakan untuk melahirkan. Latihan yoga dapat membantu memperkecil kemungkinan sakit ginjal dan juga memperkuat otot – otot saat melahirkan. Yoga juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan mengatasi stress.  Juga bisa melatih Anda untuk relaksasi yang bisa digunakan baik sebelum maupun sesudah melahirkan.

Cobalah untuk melihat kelas yoga di sekitar Anda. Beberapa pelatih menawarkan kelas khusus hanya untuk wanita hamil. Pelatih yang sudah berpengalaman bisa  membantu Anda menggunakan bentuk yang tepat, terhindar dari cedera, dan menyesuaikan posisi yoga sesuai dengan kebutuhan dan batasan Anda. Anda juga bisa mencoba yoga dirumah. Ada banyak DVD diluar sana yang bisa Anda gunakan untuk berlatih Yoga selama kehamilan. Jika Anda sebelumnya belum pernah berlatih yoga, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda dan pertimbangkan untuk berlatih bersama pelatih terlebih dahulu.

Apakah Yoga Aman?

Sebagian besar latihan yoga aman selama kehamilan selama tidak terlalu keras. Hal penting selama yoga sebaiknya menghindari posisi yang harus membuat Anda terlentang, terutama ketika lewat dari trimester pertama. Dan juga hindari yoga yang terlalu eksotis.

Ingat, sebelum memulai atau melanjutkan latihan selama kehamilan, termasuk yoga, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter apakah itu aman untuk dilakukan. Jika dokter Anda bilang tidak masalah, ingat untuk selalu mendiskusikannya kembali ketika ada perubahan pada latihan Anda.

 


Apa Pendapat Anda Mengenai Artikel Ini?

Suka artikel hari ini ? jangan ketinggalan besok...
Masukkan Email anda pada box dibawah ini untuk menerima Tips Sehat melalui email.
Anda bisa unsubscribe dengan satu klik.

Info

Dilarang menduplikasi sebagian ataupun keseluruhan konten tanpa menyertakan link sumber.

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)


Anda Mungkin Juga Suka Denganclose