3 Rumus Untuk Menghitung Masa Subur

0
Posted August 3, 2013 by admin in Hamil

Mengetahui masa subur sangat penting bagi wanita yang sudah menikah, maka dari itu sebaiknya para wanita yang telah menikah mengetahui rumus menghitung masa subur mereka masing masing.

Menghitung masa subur memiliki rumus yang berbeda beda, banyak metode yang dapat dilakukan dan juga tergantung dari kondisi orang tersebut.

1. Menggunakan Kalender

Kalendar

Menghiung masa subur menggunakan sistem kalender sudah banyak dilakukan sejak lama, selain karena perhitungan yang mudah biasanya keakuratannya pun sangat baik. Meskipun seperti itu ada dua rumus yang berbeda, sesuai dengan normal atau tidaknya siklus menstruasi.

~        Siklus Normal

Siklus normal menstruasi terjadi selama 28 hari. Untuk menghitung masa subur bagi wanita yang memiliki siklus normal adalah jumlah hari di bagi dengan 2 (28:2=14) setelah itu biasanya masa subur akan berlangsung pada H-3 samapi H+3 yang berarti 14-3=11 sampai dengan 14+3=17 maka masa subur anda akan terjadi sejak hari ke 11 samapi hari ke 17 siklus haid anda.

~        Siklus Tidak Normal

Untuk siklus yang tidak normal anda harus melakukan penelitian sendiri selama 6 bulan siklus. Tandai setiap hari pertama anda haid. Setiap siklus dimulai dari hari pertama anda haid lalu di tutup saat anda hari pertama anda haid bulan selanjutnya.

Lalu setelah itu anda hitung dengn rumus jumlah hari yang terpendek dikurangi 18 dan jumlah hari terpanjang dikurangi 11 maka itu adalah masa subur anda.

2. Menggunakan Suhu Tubuh

Suhu tubuh normal seseorang berkisar antara 36oC-37oC anda perlu untuk mengukur suhu tubuh anda saat normal atau masa tidak subur. Bahkan sebaiknya anda lakukan setiap pagi hari dan belum melakukan aktifitas apapun.

Jika Ibunda / Ayah ingin memiliki momongan atau sulit untuk hamil maka bisa mencoba rekomendasi saya, karena dari survei, banyak yang berhasil hamil dalam waktu 1 - 3 bulan. Bagaimana Caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan Klik Disini

Termometer

Saat ovulasi atau masa subur, suhu tubuh anda akan meningkat sekitar 0,1-1oC. sebaiknya anda melakukannya setiap pagi dan mencatatnya sehingga akan terlihat perubahan yang terjadi apalagi anda memabuat sebuah diagram tentu akan sangat terlihat.

3. Menggunakan lender Serviks/Leher Rahim

Pengecekan masa subur dapat dilakukan menggunakan lendir serviks dengan cara anda dapat memperhatikan lender tersebut. Cara mengukurnya adalah anda dapat mengambil lendir tersebut yang biasanya tertinggal di celana dalam menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, lalu regangkan bila tidak terputus maka itu adalah masa subur anda.

Jika lendir tidak keluar anda dapat memancingnya dengan gerakan kegel atau saat anda setelah berolahraga atau dapat juga setelah buang air besar.

Lendir Serviks

Lendir Serviks

Ada banyak rumus menghitung masa subur seorang wanita, dengan sistem kalender, suhu tubuh bahkan menggunakan lendir serviks yang biasanya terdapat pada vulva.

meskipun semuanya dapat dilakukan dan dapat memperoleh hasil yang maksimal, tetapi sebiknya lakukan dengan cara yang paling mudah menurut anda.

 


Apa Pendapat Anda Mengenai Artikel Ini?

Suka artikel hari ini ? jangan ketinggalan besok...
Masukkan Email anda pada box dibawah ini untuk menerima Tips Sehat melalui email.
Anda bisa unsubscribe dengan satu klik.

Info

Dilarang menduplikasi sebagian ataupun keseluruhan konten tanpa menyertakan link sumber.

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)


Anda Mungkin Juga Suka Denganclose