Perkembangan Masa Hamil 4 Minggu

0
Posted September 26, 2012 by admin in Hamil

Nah, pada minggu ke 4 ini janin di dalam rahim mulai berkembang, secara perlahan – lahan organ – organ penting mulai terbentuk. Lalu vitamin dan aktifitas apa yang diperlukan selama minggu ini? Hal tersebut menjadi hal yang penting untuk diketahui kebanyakan ibu hamil.

Jika Anda ingin kembali lagi kesini, cukup hapal alamat ini :

sluhat.com/kalenderhamil

Caranya sangat mudah, tinggal diklik saja sekarang kehamilan Anda sedang dalam minggu ke berapa.

Home Trimester PertamaTrimester KeduaTrimester Ketiga
Minggu12345678910111213141516171819202122232425262728293031323334353637383940

Rangkuman

Minggu Ke 4

Berjalan - JalanPada minggu ini, organ – organ penting mulai terbentuk. Ketika Anda melakukan tes kehamilan, Anda dipastikan sudah positif hamil pada jika di test pada minggu ini, dan mungkin Anda sudah bisa merasakan tanda pertama dari kehamilan : mudah lelah, geli, payudara yang pedih, atau merasa mual.

Untuk melanjutkan yang sudah kita pelajari minggu lalu yaitu mengenai kalsium, kali ini kita mulai mempelajari mengapa vitamin D menjadi hal yang penting selama masa kehamilan.  Bagaimana dengan aktifitas? Periksa latihan yang tepat untuk masa – masa awal kehamilan.

Nutrisi :
Dapatkan Vitamin D Yang Anda Perlukan

Aktifitas :
Latihan Terbaik Selama Awal Kehamilan

Nutrisi

Vitamin DDapatkan Vitamin D Yang Anda Perlukan 

Biasanya kalsium menjadi sorotan ketika kita berbicara tentang kesehatan tulang, tetapi vitamin D juga sebenarnya merupakan hal penting untuk kesehatan tulang.

Vitamin D diperlukan untuk tubuh mencerna kalsium. Pengkonsumsian secara optimal vitamin D dan kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan juga kesehatan otot baik untuk sang ibu maupun si buah hati.

Dapatkan vitamin D yang diperlukan

Wanita yang sedang hamil atau menyusui diharuskan untuk mendapatkan paling sedikit 600 IU vitamin D setiap hari.

Walaupun kita bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, tetapi banyak expert yang menyarankan untuk membatasi terkena matahari karena bisa meningkatkan resiko terkena kanker.

Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda memperoleh vitamin D yang cukup. Dokter mungkin akan menyarankan untuk meningkatkan pemasukan sejumlah makanan atau menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Tidak banyak makanan yang mengandung vitamin D dan salah satu makanan yang paling banyak mengandung vitamin D adalah ikan yang banyak mengandung lemak seperti ikan salmon. Kebanyakan dari orang Amerika memperoleh vitamin D dari susu yang di fortifikasi atau susu sapi.

Berikut ini sumber makanan yang mengandung vitamin D beserta takarannya : 

Jika Ibunda / Ayah ingin memiliki momongan atau sulit untuk hamil maka bisa mencoba rekomendasi saya, karena dari survei, banyak yang berhasil hamil dalam waktu 1 - 3 bulan. Bagaimana Caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan Klik Disini
  • Susu yang di fortifikasi (117IU  / cangkir)
  • Yogurt yang di fortifikasi (80 IU / cangkir)
  • Sarapan Sereal yang di fortifikasi (40 IU / porsi)
  • Kuning telur (25 IU / telur)
  • Jus jeruk yang di fortifikasi ( 100 IU / cangkir )
  • Ikan salmon (750 IU / 3 ons)
  • Ikan Tuna ( 150 IU / 3 ons)

Suplemen

Beberapa orang membutuhkan vitamin D yang berasal dari suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin mereka. Pemilihan suplemen yang tepat adalah yang hanya mengandung vitamin D, multivitamin atau kalsium yang ditambahkan vitamin D. Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda membutuhkan suplemen atau tidak.

Namun perlu diperhatikan, bahwa terlalu banyak mengkonsumsi vitamin D juga memberikan efek samping, seperti mual, muntah – muntah dan konstipasi.

Aktifitas

Berjalan - JalanLatihan Terbaik Selama Awal Kehamilan

Seiring dengan berubahnya bentuk tubuh, aktifitas fisik Anda juga mungkin terjadi perubahan juga. Hormon – hormon kehamilan menyebabkan ikatan pada sendi dan tulang menjadi lebih rileks juga berat badan pun berubah yang akhirnya bisa mengganggu keseimbangan dengan pusat gravitasi.

Untuk alasan ini, perhatian yang penuh diperlukan untuk menentukan latihan yang tepat dan juga aman. Berikut ini adalah contoh beberapa latihan yang bisa dilakukan dan aman selama awal kehamilan dan tentunya dengan persetujuan dari dokter Anda.

Berjalan – jalan

Berjalan itu mudah, dan cara yang paling aman untuk melakukan latihan aerobik. Anda bisa berjalan diruang tertutup (seperti di mall), atau diluar ruangan ( keliling taman, sekitar rumah) atau bisa juga di treadmill. Jika sebelumnya Anda belum pernah latihan, mulailah secara perlahan – lahan dan terus tingkatkan waktu dan juga efektifitas. Pastikan air minum selalu siap dan juga kenakan pakaian yang longgar, santai, dan sejuk untuk menghindari kepanasan.  Cobalah untuk berjalan secara bertahap 3 kali sehari, dan masing2 10 menit untuk memenuhi kebutuhan 30 menit aktifitas.

Bersepeda

Sama hal nya dengan berenang, bersepeda akan mendukung tubuh Anda, dan juga merilekskan tulang – tulang sendi Anda. Jika bisa pilih sepeda yang seimbang. Menggunakan sepeda yang seimbang akan memperkecil kemungkinan Anda jatuh dari sepeda dan terluka, terutama nantinya ketika kehamilan Anda sudah mulai berkembang dan menganggu keseimbangan tubuh Anda karena perut yang mulai membesar.

Yoga

Pertimbangkan untuk mencoba yoga atau pilates dalam rencana latihan Anda untuk membantu menguatkan tubh dan juga tetap fleksibel. Beberapa gym menawarkan yoga untuk ibu hamil. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai yoga pada awal semester 3 nanti.

Ingat, sebelum memulai atau melanjutkan sebuah rencana untuk latihan, diskusikan dengan dokter Anda terlebih dahulu apakah aman untuk melakukannya. Jika dokter Anda bilang OK,  tetap ingat untuk mendiskusikannya kembali setiap ada perubahan dalam rencana latihan Anda.

Jika Anda kelebihan berat badan…

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih sebelum Anda hamil, Anda akan memiliki kemungkinan terkena tekanan darah tinggi dan diabetes gestasional. Berita baiknya adalah ada penelitian yang menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan secara reguler dan memperkecil resiko terkena masalah ini.

 


Apa Pendapat Anda Mengenai Artikel Ini?

Suka artikel hari ini ? jangan ketinggalan besok...
Masukkan Email anda pada box dibawah ini untuk menerima Tips Sehat melalui email.
Anda bisa unsubscribe dengan satu klik.

Info

Dilarang menduplikasi sebagian ataupun keseluruhan konten tanpa menyertakan link sumber.

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)


Anda Mungkin Juga Suka Denganclose