Perkembangan Masa Hamil 9 Minggu

0
Posted October 8, 2012 by admin in Hamil

Pada minggu ke 9 ini, bayi Anda sudah mengalami pertumbuhan pada otot – ototnya, dan mungkin hal yang paling Anda inginkan pada minggu ke 9 ini adalah tidur dalam jangka waktu yang panjang.

Jika Anda ingin kembali lagi kesini, cukup hapal alamat ini :

sluhat.com/kalenderhamil

Caranya sangat mudah, tinggal diklik saja sekarang kehamilan Anda sedang dalam minggu ke berapa.

Home Trimester PertamaTrimester KeduaTrimester Ketiga
Minggu12345678910111213141516171819202122232425262728293031323334353637383940

Rangkuman

Minggu Ke 9

Sekarang, bayi Anda mungkin agak sedikit berat. Kepala dari sang bayi memiliki ukuran yang lebih besar apabila dibandingkan dengan keseluruhan tubuhnya. Otot – otot dari bayi Anda juga mulai terbentuk, hal ini merupakan tanda yang baik untuk kembali melakukan pengecekan untuk memastikan Anda memiliki asupan protein yang pas dan dari sumber yang tepat. Ngomong – ngomong tentang otot, Anda bisa melakukan latihan berjalan cepat.

Nutrisi :
Kekuatan Dari Protein

Aktifitas :
Berjalan : Tips Untuk Memulai

Nutrisi

Protein Ibu Hamil

Sumber : l.yimg.com

Kekuatan Dari Protein 

Protein adalah suatu molekul yang penting dalam tubuh manusia yang juga mendorong pembentukan sel – sel dalam bayi Anda. Mengkonsumsi asupan protein yang cukup adalah sebuah keharusan untuk Anda pada minggu ini. Walaupun sebagian besar wanita tidak memiliki masalah dengan asupan proteinnya, Anda tetap harus memastikan kalau Anda sudah mengkonsumsi cukup protein sesuai kebutuhan selama kehamilan.

Protein dapat ditemukan di semua daging, ikan, unggas, telur, kacang – kacangan, biji – bijian dan tahu. Protein juga bisa ditemukan sayur – sayuran  dan gandum  seperti brokoli, beras merah, roti, dan sereal. Untuk menjaga sumber protein Anda tetap sehat, usahakan untuk memilih sumber protein yang tidak berlemak terutama dalam hal daging. Jika bisa pilihlah daging yang dari sayap, pinggang, atau sekitar mata, dan juga pastikan untuk membuang kelebihan lemak dan kulit dari daging tersebut.

Target Anda sebaiknya sekitar 2 atau 3 porsi daging yang tidak berlemak atau penggantinya setiap hari. Satu porsi itu sama dengan :

  • 2 sampai 3 ons ikan, ayam, atau daging tanpa lemak (Ingat : Lebih aman jika ibu hamil  mengkonsumsi maksimal 12 ons ikan rendah merkuri setiap hari)
  • 2 telur
  • 1/2 cangkir kacang- kacangan, keju lembut, atau tahu

Ditambah lagi, diiringi dengan minum 2 sampai 3 cangkir susu rendah lemak atau yoghurt dan/atau keju rendah lem ( 1 ons = 1 porsi) , dan dengan begitu Anda akan lebih mudah memenuhi kebutuhan protein Anda.

Jika Anda vegetarian, tidak perlu cemas. Anda bisa memperoleh protein dari sumber protein yang bukan daging seperti mengkonsumsi biji – bijian atau polong, kacang – kacangan, gandum, makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu.

Jika Ibunda / Ayah ingin memiliki momongan atau sulit untuk hamil maka bisa mencoba rekomendasi saya, karena dari survei, banyak yang berhasil hamil dalam waktu 1 - 3 bulan. Bagaimana Caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan Klik Disini

Jika Anda memiliki diabetes…

Makanan yang mengandung protein memiliki peran yang penting dalam mengontrol gula darah. Protein membantu melambatkan pencernaan makanan dan membantu mencegah gula yang berlebihan. Pastikan untuk memasukkan protein dalam setiap menu makan maupun snack.

Jika Anda kelebihan berat badan…

Makanan yang mengandung protein memberikan efek kenyang, yang merupakan salah satu hal terbaik untuk mencegah kelebihan makan. Konsumsi bersama dengan sayur – sayuran dan gandum dalam porsi sedikit akan memberikan hasil yang baik.

Aktifitas

Berjalan : Tips Untuk Memulai

Ajak bayi Anda untuk berjalan – jalan! Berjalan adalah salah satu cara terbaik untuk mengisi aktifitas sehari – hari Anda dan juga aman untuk tubuh yang sedang hamil. Namun, tetap saja ada batasan dari setiap yang ingin Anda lakukan, berpedomanlah pada tips – tips berikut ketika Anda mulai untuk berjalan :

  • Tetap terhidrasi! Pastikan Anda mendapatkan cukup cairan, sebelum, selama maupun sesudah latihan jalan.
  • Kenakan sepatu yang enak. Pertimbangkan untuk memilih sepatu yang 1.5 kali lebih besar untuk mencegah lecet yang bisa terjadi selama masa kehamilan.
  • Berjalan ditempat yang datar. Usahakan untuk tidak memilih jalan yang curam atau berbukit – bukit untuk latihan berjalan
  • Berjalan ketika cuaca sejuk. jangan berjalan ketika cuaca sedang tidak baik, seperti panas, atau cuaca yang lembab.
  • Pastikan perut Anda aman. Pertimbangkan untuk mengenakan ikat pinggang khusus ibu hamil didalam baju. Ikat pinggan ini biasanya memiliki lebar panjang yang bisa membantu mendukung perut Anda.
  • Mulai dari kecil. Mulailah berjalan dengan langkah yang kecil. Langkah yang besar memiliki kemungkinan dapat melukai pinggul dan bagian ginjal.
  • Lihatlah kedepan. Pastikan pandangan Anda ke tanah di depan, tidak melihat ke bawah kaki Anda. Hal ini akan membantu cedera leher dan juga memberi tahu Anda apa yang ada didepan.
  • Perhatikan langkah Anda, mungkin Anda tidak menyadari kalau Anda sudah berlebihan.  Lakukan latihan ini senyaman mungkin.

Jika Anda sebelum kehamilan tidak aktfi dalam latihan, maka berjalan adalah salah satu solusi terbaik untuk memulai program latihan. Namun, pastikan Anda memulainya secara perlahan – lahan. Mulai dengan 10 menit sehari, tambahkan ekstra 5 menit setiap selang sehari hingga mencapai 30 menit setiap hari.

Ingat, sebelum memulai atau melanjutkan sebuah program latihan selama kehamilan, pastikan untuk mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter Anda apakah latihan tersebut aman untuk dilakukan. Jika dokter Anda mengatakan tidak masalah, pastikan untuk selalu mendiskusikan kembali setiap perubahan yang mungkin terjadi selama kehamilan Anda.

Jika Anda memiliki diabetes…

Makanlah sesuatu seperti snack sebelum Anda memulai untuk latihan berjalan untuk mencegah turunnya gula darah.


Apa Pendapat Anda Mengenai Artikel Ini?

Suka artikel hari ini ? jangan ketinggalan besok...
Masukkan Email anda pada box dibawah ini untuk menerima Tips Sehat melalui email.
Anda bisa unsubscribe dengan satu klik.

Info

Dilarang menduplikasi sebagian ataupun keseluruhan konten tanpa menyertakan link sumber.

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)


Anda Mungkin Juga Suka Denganclose