Kapan Masa Subur Wanita Terjadi?

0
Posted July 21, 2013 by admin in Hamil

Bagi anda yang bertanya tanya kapan masa subur wanita, maka anda akan dihadapkan kepada suatu hal yang tidak pasti. Karena siklus menstruasi tidak bergantung kepada tanggal dalam bulan, yang artinya masa subur tidak selalu terjadi pada tanggal yang sama. Meskipun seperti itu masa subur tetap dapat dihitung kapan terjadinya. Karena siklus menstruasi dapat kita teliti sendiri.

Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi terjadi biasanya selama 28 hari bagi yang memiliki siklus normal. Tetapi jika bagi yang tidak memiliki siklus normal sangat beragam antara 21-30 hari.

Siklus Menstruasi

Siklus Menstruasi

 

Siklus menstruasi akan dimulai dengan menstruasi itu sendiri, hari pertama menstruasi adalah hari pertama siklus tersebut. Biasanya menstruasi akan terjadi selama 3-5 hari dan dapat juga terjadi selama 7 hari biasanya juga akan disertai dengan rasa nyeri.

Lalu akan memasuki fase pra ovulasi dimana sel telur baru akan terbentuk dan mengalami pematangan. Setelah sel telur matang maka akan memasuki masa ovulasi atau masa subur, dimana saat ini merupakan saat yang paling baik untuk pembuahan.

Fase selanjutnya adalah fase pasca ovulasi dimana dinding rahim akan menebal untuk menerima perkembangan embrio. Jika tidak terjadi fertilisasi maka akan meluruh dan terjadi menstruasi kemudian siklus menstruasi akan berulang kembali.

Jika Ibunda / Ayah ingin memiliki momongan atau sulit untuk hamil maka bisa mencoba rekomendasi saya, karena dari survei, banyak yang berhasil hamil dalam waktu 1 - 3 bulan. Bagaimana Caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan Klik Disini

Menentukan Masa Subur

Untuk menentukan masa subur dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan sistem kalender, suhu tubuh dan juga lendir serviks. Untuk sistem kalender dapat dilakukan dengan menandai siklus menstruasi pada kalender anda. Untuk siklus normal masa subur terdapat pada hari ke 13 hingga 17 siklus menstruasi jika tidak normal maka dapat dihitung setelah 6 siklus terjadi.

Masa Subur

Yaitu jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18 dan jumlah hari pada siklus terpanjang dikurangi 11.

Untuk suhu tubuh, jika kondisi tubuh anda normal dan mengalami peningkatan suhu maka dapat juga merupakan masa subur anda, dan untuk menggunakan lendir anda dapat melakukan dengan mengambil lendir pada vulva atau celana dalam anda dan anda regangkan.

Kalau tidak putus maka anda berada dalam masa subur. Tentu saja hasil yang paling akurat dari ketiga cara diatas adalah dengan menggunakan sistem kalender.

Nah, sudahkan anda sudah kapan masa subur wanita? Tentu saja setelah mengatahui siklus menstruasi sebaiknya anda mencari tahu masa subur anda sendiri menggunakan cara yang sudah dijelaskan dan menggunakan sistem kalender merupakan cara yang cukup akurat.


Apa Pendapat Anda Mengenai Artikel Ini?

Suka artikel hari ini ? jangan ketinggalan besok...
Masukkan Email anda pada box dibawah ini untuk menerima Tips Sehat melalui email.
Anda bisa unsubscribe dengan satu klik.

Info

Dilarang menduplikasi sebagian ataupun keseluruhan konten tanpa menyertakan link sumber.

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)


Anda Mungkin Juga Suka Denganclose